Cari tahu dan kenali penyakit yang anda derita dan bagaimana cara pengobatannya

Cara Memeriksa Penyakit Hernia


Akibat terjadinya penyakit hernia disebabkan oleh jaringan yang menahan organ-organ internal ditempat yang semestinya menjadi lemah atau mengalami pembukaan di area dinding otot dan membran. 



Area yang lemah atau lubang yang cukup besar, maka bagian dari organ internal mulai menyebar keluar dari area pelindungnya. 

Oleh karena itu, hernia dianalogikan dengan sebuah tas yang memiliki lubang kecil yang akan membuat apapun yang anda masukan seperti makanan atau kaleng sehingga akan keluar dari tas tersebut. Karena hernia bisa saja terjadi oleh sebab yang berbeda-beda

Penyakit hernia harus anda ketahui karena penyakit ini sangat berbahaya jika anda tidak mengetahui penyakit tersebut maka penyakit hernia akan mendatangkan penyakit komplikasi yang sangat parah. 

Dan dalam artikel ini akan menjelaskan tentang cara memeriksa penyakit hernia berikut cara-caranya:

1. Mengamati berbagai jenis penyakit hernia
Perlu anda ketahui, sebelum memeriksa penyakit hernia terlebih dahulu anda harus mengamati berbagai jenis penyakit hernia, ada beberapa cara untuk mengamati jenis penyakit hernia berikut caranya:

a. Ketahui jenis hernia yang akan mempengaruhi daerah selangkangan
Anda harus mengetahui jenis hernia yang akan mempengaruhi daerah selangkangan anda, bukan hanya itu saja karena hernia juga dapat mempengaruhi daerah panggul atau paha ketika usus keluar dari lapisan pelindungnya yang akan menyebabkan benjolan yang tidak nyaman dan juga terkadang menyakitkan di area tersebut. Bukan hanya itu saja anda harus mengetahui juga tentang:
  • Hernia inguinal yang akan mempengaruhi area selangkangan yang terjadi ketika sebagian dari usus kecil untuk menerobos lapisan perut, dan juga kadang-kadang diperlukan operasi untuk menangani hernia inguinalis karena komplikasi bisa menyebabkan situasi yang akan mengancam jiwa.
  • Hernia femoral mempengaruhi paha atas yang tepat di bawah selangkangan. Meskipun mungkin tidak terasa nyeri, hal itu terlihat seperti tonjolan di bagian paha atas, seperti herinia femoral yang lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria.
  • Hernia anal yang terjadi ketika jaringan menonjol keluar disekitar membran anal. Hernia anal ini jarang terjadi karena hernia ini sering keliru yang sering dianggap sebagai ambeien.
b. Pahami jenis-jenis hernia lain
Anda harus mengetahui jenis-jenis hernia lain, karena hernia dapat mempengaruhi srea lain selain di wilayah perut dan selangkangan, secara khusus ada beberapa hernia yang bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi seseorang, berikut adalah hernia yang menimbulkan masalah:
  • Hernia intrakranial yang terjadi di dalam kepala. Hernia ini terjadi ketika jaringan, cairan dan pembiluh darah otak bergeser dari posisi yang biasanya di tengkorak. Jia hernia di dalam tengkorak terjadi di dekat daerah batang otak, maka hernia ini perlu ditangani dengan segera.
  • Disk hernia terjadi ketika piringan sendi tulang belakang anda menonjol keluar dan mulai menjempit saraf. Piringan sendi disekitar tulang belakang adalah peredam kejut, akan tetapi hal ini bisa terlepas karena cedera atau penyakit yang akan mengakibatkan disk hernia.
C. Periksa hernia yang muncul disekitar perut, abdomen, atau dada
Hernia ini dapat mengenai area tubuh yang berbeda dengan cara yang berbeda-beda, meskipun hernia yang ada di dalam atau di sekitar area perut mungkin merupakan jenis hernia yang paling umum. Hernia ini diantaranya:
  • Hernia hiatal yang akan mempengaruhi bagian atas perut anda, karena hernia hiatal adalah sebuah lubang yang ada di dalam diafragma yang memisahkan area dada dari perut. Ada dua jenis hernia hiatal diataranya sliding dan paraesophageal. Hernia hiatal lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria.
  • Hernia epigastrik yang terjadi ketika lapisan lemak memaksakan keluar melalui dinding perut antara tulang dada dan pusar. Anda bisa memiliki lebih dari satu hernia ini pada satu waktu meskipun hernia epigastrik sering muncul tanpa gejala dan hernia ini perlu ditangani dengan operasi.
  • Hernia insisional yang akan terjadi ketika perawatan pasca operasi perut yang tidak tepat yang menyebabkan bekas luka operasi membengkak. Seringkali lapisan jahitan bekas luka tidak terpasang dengan benar dan usus menyelinap keluar dari lapisan jahitan yang menyebabkan hernia.
  • Hernia umbilikal yang sering terjadi pada bayi, ketika bayi menangis, benjolan yang ada di sekitar area pusar biasanya menonjolkan keluar.
2. Memeriksa gejalanya
Jika anda terkena penyakit hernia anda harus memeriksa gejala hernia tersebut. Untuk memeriksa gejala tersebut anda harus memeriksa dengan:


a. Selidiki kemungkinan gejala atau tanda-tanda hernia
Hernia bisa disebabkan oleh sejumlah faktor yang berbeda yang menyebabkan muncul rasa nyeri atau tidak nyeri, sebaiknya anda harus mencari gejala-gejala hernia dengan cara:
  • Anda harus melihat bengkak yang berada ditempat yang terasa nyeri yang biasanya berada ditempat permukaan area seperti paha, perut, atau selangkangan.\
  • Pembekakan itu bisanya terasa sakit atau tidak sakit. Hernia yang menonjol tidak terasa sakit adalah hal yang umum.
  • Tonjolan yang menjadi rata-rata jika anda menekannya anda harus membutuhkan perhatian medis yang cepat.
  • Akan mengalami rasa nyeri yang dimulai dari yang parah hingga merasa tidak nyaman yang ringan. Gejala umum hernia adalah munculnya rasa nyeri ketika menejan.
  • Rasa nyeri akan semakin memburuk menjelang akhir hari karena hernia seringkali bertambah parah pada akhir hari atau juga setelah anda berdiri dalam waktu yang lama.
b. Periksa ke dokter untuk memastikan penyakit hernia
Para dokter menamakan beberapa hernia dengan terperangkap atau terjepit yang berarti bahwa organ tersebut kehilangan suplai darah atau menghalangi aliran usus dan hernia ini harus membutuhkan perhatian medis dengan segera. 

c. Ketahui apa yang meningkatkan risiko terkena hernia pada seseorang

Hernia terjadi karena berbagai sebab diataranya:
  • Batuk rejan. Batuk yang memberi banyak tekanan dan tegangan pada perut yang kemungkinan bisa menyebabkan hernia
  • Obesitas. Orang yang kelebihan berat bada memiliki peluang yang lebih tinggi terkena hernia dibandingkan dengan orang yang tidakl kelebihan bada.
  • Turunnya berat badan secara mendesak. Orang yang berat badannya turun secara mendesak akan meningkatkan risiko untuk terkena hernia.
  • Kehamilan. Ketika hamil perut ibu akan menjadi melar yang membuat hernia lebih mungkin terjadi.
  • Umur. semakin tua usia akan memiliki peluang yang lebih tinggi karena hernia.
  • Pengaruh genetik. Jika orang tua anda memiliki hernia, kemungkinan anda bisa saja terkena penyakit hernia.
Berikut adalah cara memeriksa penyakit hernia, Itu yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. Terima kasih

Cara Memeriksa Penyakit Hernia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: official zombie